Semua orang pernah mengalami masalah jerawat. Si kecil ini tidak hanya bikin bete saat sedang membesar dan bengkak, seringkali jerawat meninggalkan bekas. Bekas jerawat biasanya berbentuk noda hitam atau bekas parutan. Untuk menghilangkannya, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang aman untuk kulit:

Daun Sirih                                                                                                           

Daun sirih adalah antiseptik alami. Air daun sirih dapat dipakai untuk mencuci wajah yang berjerawat, sehingga mencegah radang dan mempercepat mengempeskan jerawat. Selain sebagai antiseptik, daun sirih akan membuat jerawat kempes tanpa menimbulkan noda. Cara menggunakannya mudah, ambil 3 lembar air daun sirih dan rebus dengan dua gelas air. Biarkan air menyusut, dinginkan. Gunakan air rebusan tersebut untuk mencuci wajah yang berjerawat dua kali sehari.

Tomat

Tomat telah lama dipercaya sebagai bahan alami yang dapat menghilangkan bekas jerawat. Caranya mudah, cuci tomat ukuran kecil lalu iris kecil sesuai kebutuhan. Potong-potong lalu haluskan. Usapkan pada bekas jerawat selama 30 menit lalu bilas dengan air dingin. Lakukan secara teratur setiap hari.

Jagung Muda

Jagung muda dapat mengembalikan kehalusan kulit pada mereka yang terkena cacar air atau bekas jerawat yang berbentuk parutan. Parut jagung muda secukupnya, usapkan pada wajah atau pada bekas jerawat. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan secara teratur hingga bekas jerawat hilang.

Mentimun

Mentimun adalah bahan alami yang berfungsi sebagai pembersih sekaligus penyegar wajah. Mentimun juga dapat mencegah peradangan dan mempercepat proses penyembuhan jerawat, terutama untuk mereka yang memiliki kulit wajah berminyak. Parut mentimun, lalu usapkan pada bekas jerawat. Diamkan selama 20 menit lalu bilas.

Kunyit

Kunyit adalah bahan tradisional yang telah dikenal ribuan tahun sebagai produk kecantikan alami, dari Puteri Keraton hingga Cleopatra. Selain sehat, kunyit dikenal mampu menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Cuci kunyit, kupas kulitnya. Potong sesuai kebutuhan lalu parut. Oleskan parutan itu pada noda jerawat, diamkan selama 20 menit. Bilas dengan air dingin. Lakukan rutin hingga noda hitam jerawat hilang.

Lemon

Perasan air lemon adalah bahan alami yang dapat mencerahkan kulit sekaligus menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Waktu yang dibutuhkan memang lebih lama dibandingkan krim buatan pabrik, tetapi karena lemon bahan alami, tidak akan ada efek sampingnya. Usapkan air perasan lemon pada noda bekas jerawat, diamkan 30 menit, bilas dengan air dingin.

Menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami memang membutuhkan kesabaran dan waktu yang lebih lama dibandingkan krim berbahan kimia, tetapi karena alami, bahan-bahan alami lebih ramah, aman dan bersahabat di wajah. Selamat mencoba!

About ayuratna28

i'm simple

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s