Tak hanya pakaian kantor dan busana formal lainnya, pakaian untuk berolahraga juga sebaiknya dipilih dengan baik.

Setelah berolahraga keras, tubuh akan merasa lelah dan berkeringat. Pakaian yang dikenakan saat berolahraga akan sangat mempengaruhi kenyamanan.

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kenyamanan pakaian yang dikenakan saat berolahraga, misalnya bahan kain dan jenis olahraga yang akan dilakukan. Beberapa kain dirancang untuk menyerap keringat dari kulit selama berolahraga.

Seperti dilansir everydayhealth.com berikut adalah panduan memilih busana yang tepat untuk berolahraga.

  1. Gunakan pakaian yang bahannya mudah menyerap keringat. Agar keringat cepat menguap dan tubuh tetap sejuk, pakaian yang terbuat dari kain yang mengandung polypropylene atau kain Coolmax dan Supplex merupakan pilihan yang baik. Baju yang basah oleh keringat dan membuat gerah tentunya tidak nyaman dipakai.
  2. Jangan gunakan kain berbahan katun. Katun tidak mudah menyerap keringat dari kulit atau membantu agar keringat cepat menguap. Itu sebabnya pakaian olahraga yang terbuat dari katun terasa berat dan basah saat dipakai berolahraga.
  3. Hindari kain yang pori-porinya rapat atau bahkan tidak berpori. Jangan pernah mengenakan pakaian yang terbuat dari bahan karet atau plastik. Bahan semacam ini membuat keringat susah menguap dan menyebabkan suhu tubuh tetap tinggi selama berolahraga.
  4. Pakailah pakaian yang longgar dan nyaman. Untuk berjalan atau bersepeda, jangan memakai celana yang longgar sebab bisa terjerat di pedal atau kaki sepeda.
  5. Untuk kegiatan seperti yoga atau senam lantai, kain yang mengandung serat wacking adalah pilihan yang bagus.
  6. Jika berolahraga di luar ruangan atau melakukan olahraga musiman, pakaian yang dikenakan juga harus disesuaikan sesuai dengan kondisi musim.
  7. Selama musim panas, pilih kain yang memungkinkan kulit dapat bernapas dan membantu penguapan keringat. Menggunakan pakaian yang sejuk dan nyaman akan memungkinkan tubuh bergerak bebas.
  8. Saat cuaca dingin, sebaiknya pakai pakaian yang hangat. Namun perlu diingat bahwa berolahraga dapat meningkatkan denyut jantung dan suhu tubuh. Pakailah pakaian rangkap yang mudah dilepas dan dan pastikan suhu dalam pakaian lebih hangat dibandingkan suhu termometer.

About ayuratna28

i'm simple

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s